Skip to content

Kerja, Bisnis dan Cinta

February 7, 2011

Pertengahan tahun 2008 lalu saya bekerja di sebuah perusahaan dibidang telekomunikasi. Kegiatan yang berhubungan dengan teknologi informasi menjadi makanan setiap hari. Mulai dari urusan radio, jaringan, perangkat keras, dan masih banyak lagi. Semua kegiatan kita lakukan dengan mengunakan internet sebagai fasilitasnya. Koordinasi antar tim yang bertugas dilapangan dengan dikantor menggunakan aplikasi chatting yahoo dan blackberry messenger. Terlepas dari kesibukan bekerja dan aktifitas kantor lainnya, interaksi di dunia maya juga tidak kalah seru lewat situs pertemanan semisal friendster dan facebook. Pada waktu itu sebelum facebook besar seperti sekarang, situs pertemanan yang paling digandrungi masyarakat Indonesia adalah friendster.

Kemudahan cara penggunaan dan berbagi testimoni antar pengguna membuat situs ini menjadi trend saat itu. Kita bisa memiliki teman dari luar daerah bahkan luar negeri sekalipun. Bahkan ini saya alami sendiri ketika saya berkenalan dengan seorang wanita di daerah yang jauh lewat berbagi pertemanan di situs ini. Saling percaya dan menjaga komunikasi yang baik tentunya diperlukan. Ada batasan dan etika ketika kita ada didalamnya. Bahkan untuk yang lebih serius, situs pertemanan bisa menjadi tempat mencari jodoh bagi meraka yang percaya. Anda boleh percaya atau tidak kami akhirnya menikah sampai pada saat ini dan telah dikaruniai satu orang anak. Lain dulu lain sekarang memang, dulu ketika orangtua kita masih zamannya surat menyurat yang sampainya bisa beberapa hari sekarang kita disuguhkan dengan dunia yang serba cepat dan informasi sampai ke tujuan hanya dengan hitungan menit lewat aplikasi email.

Bukan hanya itu saja, pola pikir dalam menjalankan bisnis kini lebih flexible lagi. Kita bisa buka toko di dunia maya hingga batasan waktu 24 jam sehari tanpa harus menunggu di tempat dan berbicara panjang lebar tentang produk yang kita jual. Aplikasi web commerce telah memberikan kita kemudahan untuk berjualan toko online dan buka kapanpun serta berkomunikasi lewat gengaman dimanapun kita berada. Lebih mudahnya untuk yang gratisan dengan bantuan jejaring social pun kita bisa berjualan produk. Semisal facebook yang telah membantu saya selama satu tahun ini dalam mempromosikan produk-produk saya. Opsi berbagi pada tampilan halamannya membantu kita untuk berbagi layaknya iklan antar teman. Teknisnya ketika ada pelanggan yang ingin membeli produk, mereka akan melakukan transfer ke rekening yang kita berikan. Setelah itu, kita bisa cek hasil transferannya lewat internet banking bank kita. Bila sudah kita tinggal mengirimkan pesanan ke alamat si pembeli lewat jasa kurir pengiriman barang.

Jadi dengan internet saya bisa bekerja dikantor jauh lebih mudah serta menarik dan ditambah lagi dengan kemudahan untuk bisa mencari uang tambahan lewat berjualan online yang bisa kita tawarkan lewat banyak media bisa itu situs jejaring social, blog dan lain sebagainya.

Maka dari itu pergunakan internet itu dengan bijaksanan dengan menjadi pengguna yang memanfaatkannya untuk mencari informasi, bisnis, pertemanan, berbagi ilmu, dan bahkan mencari uang di internet.

 

Wassalam,

Ilham dani

 

Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition yang disupport oleh Bhinneka

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: