Skip to content

Solusi Mengamankan Kendaraan Motor Anda

October 9, 2010

Udah satu tahun berlalu, semenjak motorku hilang di gondol pencuri. Terpukul sekali melihat kendaraan yang tadi terpakir sekarang sudah berpindah tempat entah kemana kepada orang lain. Padahal baru saja keluar plat hitam, setelah 1 bulan sebelumnya baru saja keluar dari showroom.

Ceritanya memang sulit untuk dilupakan, shock bukan main memang, tapi semua itu ada hikmah yang terpendam cukup dalam. Untungnya pihak ‘leasing’ memberikan ganti rugi atas musibah yang saya alami.

Jadi sedikit menghela nafas lega juga, ya DP awal bisa diganti dan mengambil motor kembali. Tapi setelah kejadian itu, tekad kuat ga ingin kejadian untuk kedua kalinya, maka segala perlengkapan buat security pun dibeli buat mencegah si pencuri mengambil yang bukan miliknya.

Ingat, mereka bukan hanya ada niat, tapi juga ada kesempatan, waspadalah….waspadalah…


Ada tips buat mengamankan kendaraan kita dari para pencuri, setidaknya bisa mencegah mereka leluasa mencuri kendaraan kita. Berikut beberapa tipsnya :

1. Kunci Stang/Kemudi

Ini adalah cara yang biasa buat mengunci motor kita, tapi klo biasa tidak menjadikan kita terbiasa bisa repot. Sekejap mata klo kita lupa, mereka para pencuri dengan mudah akan membawa motor kita. Sekarang dengan inovasi terbaru, kunci kemudi sudah dilengkapi penutup, jadi mesti membukanya dahulu sebelum bisa memasukkan kunci utama.

2. Gembok di Rem Cakram

Khusus buat motor yang memiliki rem cakram, bisa pasang gemboknya disitu. Biasanya rem cakram depan punya celah-celah yang bisa dikaitkan dengan gemboknya.

3. Gembok Rantai

Ini tempat yang pas buat menyembunyikan pengaman gembok kita. Letaknya yang biasanya dibawah sulit diketahui para maling. Dengan mengaitkannya di rantai, susah bagi mereka buat membuka apalagi ada jebakan oli rantai yang bisa mengotori si maling.

4. Stop Kontak Engine

Untuk motor bebek atau matic denga sedikit modifikasi kita bisa membuat panel di bawah jok untuk mematikan mesin motor seperti pada motor-motor gede.

5. Cabut Busi

ini sedikit ekstrim tapi cukup berhasil membuat para pencuri kerepotan membawa motor anda kecuali bila mereka mau mendorongnya. hehehe

Untuk gembok yang akan kita jadikan kunci, usahakan gunakan yang terbaik. Investasi beberapa ratus ribu bahkan jutaan untuk membeli gembok berkualitas dan diuji ketahanannya lebih baik dibanding kita harus kehilangan motor kita untuk selama-lamanya. Ada beberapa merek gembok yang bisa dijadikan rekomendasi buat dimiliki yakni Yale, Viro, MasterLock, Smartlock, dan masih banyak lagi. Bisa tanyakan langsung ke penjual kunci di kota anda, yang pasti motor anda aman dari para pelaku kejahatan sementara waktu, bukan begitu?


2 Comments leave one →
  1. maipura permalink
    October 28, 2010 10:35 am

    wah… pengalaman memang guru yang berharga
    apalagi pengalaman yang menyakitkan susah dilupakan ya mas… he (piss)

    boleh juga tu tips nya..
    saya juga kadang was-was klo parkit motor..
    sebisa mungkin saya taruh di tempat yang mudah diawasi

  2. December 17, 2010 3:39 pm

    sip mas,emang perlu hati2,sekarang lagi rawan,tempat saya dah ga ke itung motor yang ilang.
    huh ngerriii..
    mampi k bog saya gan ya.
    hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: