Skip to content

Perjuangan Sebuah Kampanye Hidup Sehat di Rumah Sepeda

May 31, 2010

“Ingin sekali bisa bergabung menjadi bagian komunitas yang satu ini”. Suara hati kecilku ketika 2 tahun lalu menjadi pemerhati para anggota-anggota Bike to Work. Rintangan pertama yang menjadi masalah pada waktu itu saya belum memiliki sepeda bahkan sampai sekarang, malu rasanya, ketika ibu saya menjadi contoh yang paling dekat di kehidupan saya menjadi panutan bersepeda ketika pergi bekerja. Bertahun-tahun lamanya beliau menjadi pengguna sepeda yang setia, walaupun harga sepeda motor harganya kauh lebih terjangkau pada saat itu.

Teringatanya, semenjak saya bersekolah di bangku sekolah dasar kira-kira 12 tahun lalu. Wow, “bagaimana kondisinya sekarang?” Sehat bugar bahkan sekalipun dibulan puasa, gowesan kakinya terus saja berpacu mengayuh sepeda tuanya.

ckckckckck, “gimana kita yang muda ini?”. Ini adalah kenyataan, sampai hari ini ketika saya pulang ke kampung halaman, beliau masih setia selama12 tahun lamanya sepeda itu tidak pernah tergantikan dalam menemani hari-harinya.

Saat beberapa hari lalu menjadi anggota komunitas ini dan berhasil mendaftarkan diri. Saya begitu tertarik dengan para pemuda di berbagai daerah indonesia mencanangkan rumah sepeda. Saya percaya, niat baik ini bisa menjadi tonggak kebangkitan indonesia sehat di tahun berikutnya dan ikut serta mengkampanyekan “Indonesia Hijau 2040” ( Impian kalo saya terpilih jadi Gubernur nanti ) hihihihihi

Paling tidak, ketika para wisatawan dalam maupun luar negeri yang mampir ke ibukota yang kebetulan menyukai hobby tentang bersepeda bisa mampir ke “rumah sepeda”, sekaligus mempromosikan tempat-tempat wisata di indonesia khususnya Jakarta.

Satu kalimat penutup dari saya:

“Ketika jawaban untuk berbuat sesuatu terhadap negeri, para pemuda gagah berani dengan sepeda pergi bekerja demi menyelamatkan lingkungan dari polusi”

Baca juga artikelnya disini

ilustrator | danikoecing
No comments yet

Leave a Reply

