Skip to content

Menuju Perangkat IT yang Ramah Lingkungan

May 26, 2010

Berangkat dari sebuah keinginan manusia untuk menciptakan produk yang jauh lebih baik setiap tahunnya. Maka kita lihat bagaimana perkembangan perangkat komunikasi tumbuh sejalan dengan prinsip melestarikan linkungan hijau. Beberapa produsen Perangkat IT memulainya dengan mengeluarkan produk yang mengunakan konsumsi listrik yang lebih kecil. Dari produknya tersebut kita bisa melihat konsep hijau di kemasan paket pembelian yang biasanya tertera Green Energy, Eco Green IT, dan lain sebagainya. Dari hasil pengamatan, terlihat bahwa perangkat-perangkat tersebut telah berevolusi jauh lebih baik dalam komsumsi listrik.

Isu global warming mengunggah para pengembang untuk melihat ini menjadi ajang kompetitif untuk membuat produk-produk yang mereka keluarkan. Tentunya tanpa mengurangi kinerja yang sudah ada. Salah satu contoh, monitor komputer tabung yang dulu kita pakai telah tergantikan dengan layar LCD yang jauh lebih hemat listrik. Perangkat hardware IT jauh lebih kecil dan lebih multifungsi, itu semua kita dapat dengan harga yang lebih murah. Yang tidak kalah menariknya, bagaimana sebuah produk dibuat dengan bahan yang berasal dari alam, ramah lingkungan dan tidak menimbulkan banyak limbah di kemudian hari.

Harapan kita semua bahwa, ini akan menjadi bagian dikehidupan kita sehari-hari dan kebutuhan kita akan teknologi menyeimbangi pencemaran lingkungan yang semakin parah dari tahun-ketahun. Hanya ada satu tekad, mulai dari sekarang, dan dari diri kita masing-masing.

baca juga artikelnya disini

ilustrator | danikoecing
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: